Harapan Sia-sia – Kandungan Q.S. Al-Ma’arij ayat 36 – 38

Orang kafir berharap untuk bisa mencicipi kenikmatan surgawi, namun harapan mereka akan sia-sia.

Mengapakah orang-orang kafir itu bersegera datang ke arahmu, dari kanan dan dari kiri dengan berkelompok-kelompok. Adakah setiap orang dari orang-orang kafir itu ingin masuk ke dalam surga yang penuh kenikmatan? sekali-kali tidak! Sesungguhnya Kami ciptakan mereka dari apa yang mereka ketahui (air mani).

Q.S. Al-Ma’arij ayat 36 – 38

SUATU hari Kaum Kafir Quraisy datang berbondong-bondong untuk mendengarkan ceramah Nabi saw di dekat Ka’bah. Mereka bukan bermaksud mempelajari agama Islam dan mengimaninya, akan tetapi mencari beberapa kesalahan untuk dijadikan bahan olok-olok terhadap dakwah beliau saw. 

Satu hal yang menjadi salah satu bahan olok-olok mereka adalah sebuah jaminan dari Rasul saw bahwa umat beriman pasti akan masuk surga, dan kaum kafir tempatnya adalah neraka. Mereka berseloroh, bahwa jika memang Muhammad dan pengikutnya akan masuk surga, mereka yang akan masuk terlebih dahulu. 

Olok-olok ini dijawab langsung oleh Allah swt melalui Q.S. Al-Ma’arij ayat 36 – 48. Allah swt menyatakan bahwa sebuah kemustahilan bagi mereka untuk bisa merasakan kenikmatan surgawi. Mereka (seperti halnya manusia lain) tercipta dari sesuatu yang hina – yaitu air mani dalam proses persetubuhan antara laki-laki dan perempuan – maka tidak ada keistimewaan bagi mereka untuk masuk ke alam surgawi. 

Allah swt menegaskan bahwa untuk masuk ke surga diperlukan jiwa yang suci dan bersih – dan itu hanya bisa tercapai dengan keimanan yang disertai dengan ketakwaan. Maka klaim yang disampaikan oleh Kaum Kafir Quraisy adalah omong kosong dan harapan yang tak mungkin terjadi. [] 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s