Penantian yang panjang

Penantian yang Panjang

Dalam penelitian sejarah dikatakan bahwasanya manusia (Homo sapiens) sudah menghuni bumi ini sekira 10.000 ribu tahun yang lalu. Pada awalnya mereka hidup nomaden dengan memburu dan mengumpulkan makanan, lalu menempati suatu tempat dan membuat kebudayaan di dalamnya. 

Kalau memang itu benar, manusia – semenjak Nabi Adam a.s. – telah cukup lama tinggal di bumi. Bermilyar-milyar orang telah mati dan menunggu sampai Allah swt meluluh-lantakkan dunia ini dan membuka lembaran baru di alam akhirat. 

Meskipun informasi tentang alam akhirat cukup melimpah dalam Alquran dan Alhadits, tapi kita memiliki pengetahuan yang sangat minim tentang hal tersebut, karena memang Allah swt membatasi pengetahuan kita tentang hal tersebut. 

Namun, bisa kita bayangkan betapa lamanya penantian nenek moyang kita sampai mereka dibangkitkan di alam barzakh. Dan kita pun mungkin akan mengalami itu karena kita tidak tahu kapan kiamat hadir semenjak kita masuk pertama kali mencicipi alam barzakh. 

Diri kita yang lahir dari ketiadaan menghilang dan membusuk dalam ketiadaan juga. Menunggu dalam penantian yang sangat lama akan bangkitnya hari kiamat. 

Meskipun dalam beberapa riwayat dikatakan bahwa orang beriman merasakan hal tersebut dalam waktu yang sangat singkat, seperti halnya tidur di malam hari. 

Semoga, kita digolongkan pada orang-orang yang beruntung yang tidak merasakan lamanya penantian ini. Aamiin. [] 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s