Jalan Tobat

Jalan Tobat

SAAT kiamat nanti, kaum Kafir diminta untuk bersujud di hadapan Allah swt, tapi mereka tak akan mampu (Q.S. Al-Qalam: 42). Terlalu berat bagi mereka untuk melakukan itu karena terbiasa dengan kekufuran selama hidup di dunia.

Beberapa ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan sujud di sini adalah penghormatan kepada Allah swt.

Tersibak dalam pandangan mereka balasan atas konsistensi ingkar saat mereka masih hidup di kehidupan sebelumnya. Bulu kuduk mereka merinding membayangkan sulitnya fase kehidupan yang akan mereka hadapi. Tapi apa daya, pertobatan pada saat itu tidak dimungkinkan lagi. Oleh sebab itulah, hari itu dinamakan sebagai ‘Hari Pembalasan”.

Sebenarnya, tidak usah jauh-jauh menunggu bukti dari kebenaran ayat ini; bahwa konsistensi kekufuran akan membuat kita sulit untuk beriman, meskipun ancaman siksaan sudah ada di pandangan mata. Di dunia, seringkali kita sulit untuk berbelok pada arah jalan benar, ketika kita sudah terbiasa dengan jalan kemungkaran.

Misalnya, ada orang yang sudah terbiasa dengan pergumulan dosa. Terus dia mendapatkan balasan atas usahanya dengan ditimpakan kesusahan yang sangat pedih. Bisa jadi dia punya harta melimpah, tapi hati tetap tidak tenang. Bisa jadi ketenaran berada di gengaman, akan tetapi keluarga hancur berantakan.

Ingin rasanya kembali ke Haribaan Yang Maha Kuasa, tapi usaha itu sangat terasa sulit. Seakan ada seutas tali yang direkatkan pada sebongkah batu dan membebani kita untuk berlari menuju jalur pertobatan. Hanya usaha yang keras dan hidayah Allah yang mampu melepaskan kita dari jeratan tali tersebut.

Kabar baiknya, selama di dunia, sebelum ajal sudah ada di urat leher, Allah swt masih membuka pintu tobat bagi hamba-Nya. Maka sangat tidak elok apabila kita menunda-nunda usaha kita untuk kembali ke jalan yang diridhai-Nya. []

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s