Walid bin Mughiroh

sumber: hidayatullah.com

Hanya sedikit manusia yang tercatat sejarah hidupnya dalam al-Qur’an, termasuk Walid bin Mughiroh. Dia adalah seorang taipan bangsa Arab, yang mengaku dari klan Quraisy, padahal bukan. Kekayaannya yang melimpah justru menjerumuskannya pada jurang kekufuran.

Al-Qur’an mendeskripsikan busuk perangainya sebagai i’tibar bagi orang-orang yang hidup setelahnya. Berikut adalah beberapa perangainya seperti yang termaktub dalam Q.S. Al-Qalam (68: 10 – 16):

  1. Suka bersumpah dengan kebatilan sehingga membuat dia hina. 
  2. Suka mengumbar dan mengumpat, serta menyebarkan fitnah di antara manusia.
  3. Kikir.
  4. Berlebih-lebihan dan sering berbuat dosa.
  5. Hatinya keras dan kaku.
  6. Mendustakan ayat-ayat Allah.

Tentu, tak semata-mata Allah swt mendokumentasikan catatan kehidupannya dalam al-Qur’an kecuali kita diperintahkan untuk mengambil pelajaran atas-nya.

Bahwa kelapangan hidup yang kita miliki hendaklah kita balas dengan perilaku syukur dengan mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sikap syukur dapat kita tunjukan dengan menghindari perilaku tercela di atas dalam kehidupan sehari-hari.

***

Kita melihat surat ini sangat relevan dengan konteks saat ini, di mana – berkat kemajuan teknologi informasi – bertebaran informasi-informasi yang level kesahihannya sangat rendah.

Ujaran-ujaran kebencian, fitnah, dan sumpah serapah menjejali frekuensi publik kita. Strategi busuk gencar dilaksanakan demi memuaskan hasrat duniawi, entah dalam dunia politik, sosial, budaya, bahkan agama.

Sebagai Muslim yang beriman, tentu kita harus menjauhkan diri dari perilaku tersebut. Kita yakin tujuan yang baik harus dilaksanakan dengan cara-cara yang baik. [*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s