Risalah Islam tentang Baca Tulis

sbs.com.au

ISLAM sangat menghargai kegiatan baca tulis. Menurut sebagian riwayat, ayat al-Qur’an yang pertama kali diturunkan adalah perintah untuk membaca. Saat itu, Nabi Muhammad SAW sedang melakukan ‘uzlah di Gua Hira’, lalu mendapatkan wahyu berupa perintah untuk membaca atas nama Allah Yang Maha Pencipta.

Lalu, dalam riwayat lain diceritakan bahwasanya makhluk pertama yang diciptakan oleh Allah swt adalah sebuah pena yang mana dengannya Allah menciptakan makhluk lainnya. Pena menjadi “senjata pamungkas” Sang Pencipta untuk menciptakan “masterpiece” yang lainnya.

Selepas Rasul SAW wafat dan memparipurnakan tugasnya sebagai utusan Allah SWT, risalah Islam menyebar ke seluruh jazirah Arab dan penjuru dunia lainnya. Islam dan komunitas Muslim bertransformasi menjadi sebuah peradaban maju, salah satunya adalah berkat penghargaan terhadap budaya baca tulis. Ribuan naskah dari bangsa Yunani dibaca lalu ditulis ulang dengan memakai bahasa Arab. Penjelasan dan penafsiran ulang atas karya-karya tersebut menjadi kunci lahirnya peradaban baru yang diilhami oleh nilai yang terkandung dalam al-Qur’an.

Kini peradaban berpindah ke dunia Barat. Bisa ditebak, peradaban baru ini maju karena penghormatan kepada budaya baca tulis. Rennaisans menjadi tonggak bagi orang Barat untuk keluar dari dogma Kristen yang memasung kegiatan intelektual.

Dari fakta di atas, adalah sunatullah bahwasanya komunitas yang menghargai budaya baca tulis akan mencapai titik teratas dari peradabannya. Tak mungkin sebuah peradaban muncul tanpa ada budaya ilmu yang established yang didukung dengan kebiasaan membaca dan menulis. Karena dengan membaca kita bisa memahami realitas, dan dengan menulis kita mendokumentasikannya untuk diwariskan dan dikembangkan oleh generasi setelah kita. Wallahu a’lam.[]

Inspirasi Ayat: Al-Qalam (68: 1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s