Argumentasi Hari Kebangkitan – Kandungan Q.S. An-Nazi’aat ayat 27-33

hisab

Tentulah sangat mudah bagi Allah swt untuk membangkitkan manusia dari kematian meskipun dalam pandangan empiris kita itu adalah hal yang tidak bisa dicerna oleh akal. Allah swt melalui firman-Nya yang agung dalam al-Quran menyatakan bahwa bagi Allah membangkitkan manusia setelah kematiannya adalah semudah menciptakan mereka dari ketiadaan.

Dalam penjelasan-Nya di Q.S. An-Nazi’aat ayat 27-33 Allah swt seakan memberikan argumentasi nalar rasional bagi orang-orang yang meragukan akan adanya kebangkitan setelah kematian; Dia menyatakan bahwasanya membangkitkan manusia setelah kematiannya tidaklah “sesulit” seperti Dia menciptakan langit dan bumi, menegakannya, serta menciptakan siang dan malam, menghamparkan bumi, mengalirkan air dan menumbuhkan tumbuhan, serta menancapkan gunung di muka bumi. Kalau saja hal yang “sulit” itu bisa Allah lakukan, mengapa tidak dengan membangkitkan manusia di akhirat kelak?

Ayat ini seakan menjawab pandangan sinis kaum ateis dalam menyikapi kabar tentang kebangkitan manusia. Bagi mereka, setelah manusia menemui ajalnya dan disemayamkan, maka jasadnya akan kembali ke alam dan menjadi fosil. Dalam beberapa praktek di dunia Barat, ada sebagian manusia yang “mewakafkan” jasadnya untuk menjadi pupuk organik yang menurut mereka lebih bermanfaat daripada hanya menjadi tugu peringatan kematian yang dikenang oleh kerabatnya. Tentu saja hal itu mereka lakukan karena tidak mempercayai cerita tentang siksa kubur, alam akhirat serta surga dan neraka. Dalam banyak tempat di al-Quran, Allah swt memberi peringatan terhadap golongan umat manusia ini disertai beberapa argumentasi rasional yang membantah pendapat mereka. (*)

Advertisements

One thought on “Argumentasi Hari Kebangkitan – Kandungan Q.S. An-Nazi’aat ayat 27-33

  1. Pingback: Argumentasi Hari Kebangkitan (2): Kandungan Q.S. An-Naba’ ayat 1-16 | Komunitas Al-Muhajirin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s