Penolakan Kaum Kafir Untuk Beriman – Kandungan Q.S. Al-Infithaar ayat 1-12

Inspirasi Ayat:

surat-al-infithaar-ayat-1-12

Ada banyak alasan untuk tidak percaya akan adanya hari akhir, meskipun berbagai bukti telah dibentangkan, dan berbagai nikmat telah dicurahkan. Manusia dilahirkan dalam bentuknya yang sempurna – meskipun ada banyak orang yang lahir dengan disabilitas tapi itu bukan justifikasi ketidaksempurnaan, karena pasti ada hikmah dari penciptaan mereka. Namun sayangnya, kekufuran akan nikmat ini masih menjadi hal yang lumrah bahkan semakin menjadi-jadi. Lebih-lebih teori modernitas menyebutkan bahwa semakin canggih tingkat kecerdasan manusia, semakin independen mereka terhadap Dzat yang menciptakan mereka. Dan ini adalah fakta sosiologis yang tidak terbantahkan.

Sudah selayaknya, kita sebagai orang yang menjadi bagian dari pengkaji ayat-ayat-Nya menyerukan kepada umat manusia modern untuk tidak melupakan Sang Pencipta, meskipun gelombang modernitas semakin tidak terbendung. Manusia memang diciptakan canggih oleh Allah, tapi apakah itu alasan untuk menggantikan peran-Nya di muka bumi?

Yang lebih mengkhawatirkan seruan tentang hari pembalasan selalu menjadi bahan cemoohan masyarakat modern. Untuk itu, para pendakwah harus lebih kreatif mengkampanyekan isu ini sehingga dapat diterima oleh khalayak ramain. Ada berbagai banyak pendekatan yang dapat ditempuh baik itu dengan menggunakan pendekatan ilmiah maupun mistis dan metafisis. Kita harus memanfaatkan celah yang ada dalam manusia modern, misalnya terkait isu kekeringan jiwa spiritual yang melanda mereka, sehingga membutuhkan asupan-asupan jiwa untuk ketenangan hidup. Jangan sampai celah ini diraih oleh mereka yang menggemborkan unifikasi kehidupan spiritual yang cenderung sinkretis. Dalam kasus ini, tasawuf memiliki peran strategis dalam mendakwahkan pelajaran tentang kehidupan setelah kematian. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s