Dua Jalan di Hari Pembalasan – Kandungan Q.S. Al-Insyiqaq

Inspirasi Ayat:

al-insyiqaq

Dalam beberapa tempat di al-Quran, Allah bersumpah bahwasanya hari pembalasan itu akan tiba. Dalam Q.S. Al-Insyiqaq, misalnya, Allah bersumpah dengan deskripsi hari kiamat – dimana bumi terbelah, dan memuntahkan semua yang ada di dalamnya – bahwasanya manusia akan menemukan balasan atas apa yang mereka perbuat selama di dunia. Dan saat itu manusia terbagi dua: 1) mereka yang mendapatkan kitab amalannya dengan tangan kanan, dan 2) mereka yang mendapakatkannya dari belakang punggungnya.

sumber: mejeng.co

sumber: mejeng.co

Dari deskripsi surat ini golongan pertama akan kembali kepada keluarga mereka dengan penuh kesenangan, sedangkan golongan kedua akan masuk kedalam nereka. Memang ketika di dunia mereka senang dengan mengikuti hawa nafsunya, dan menyangka bahwasanya apa yang mereka lakukan tidak ada hubungan dengan pembalasan di hari kiamat.

Dari sini saya mencatat bahwa apapun, amalan kita memiliki peran penting dalam menentukan bagaimana keadaan kita di akhirat kelak, meskipun penentu utama adalah Rahmat dari Sang Maha Kuasa. Lebih lagi, kesadaran kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan selama di dunia memang berasal dari rahmat-Nya.

Dalam surat ini juga diungkapkan frase yang sering Allah gunakan untuk menunjukan “keheranan”Nya terhadap sikap kaum kafir yang tetap konsisten dalam pembangkangannya meskipun Allah telah menunjukan tanda-tanda akan adanya hari pembalasan. Saya melihat ini bukan berarti Allah greget, atau putus asa, akan tetapi menunjukan betapa dahsyatnya konsekuensi dari pembangkangan yang konsisten dilakukan oleh kaum kafir.

Dan diakhir surat, Allah menegaskan bahwasanya kaum kafir akan mendapatkan siksaan yang pedih, kecuali mereka yang mau meninggalkan kekafirannya dan memilih untuk beriman dan beramal shaleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s