Buku “Sijjin” – Kandungan Q.S. Al-Muthoffifin 83; 1 -17

sumber: mejeng.co

sumber: mejeng.co

Betapa mahalnya harga sebuah pembangkangan kepada Allah; neraka jahim yang telah disiapkan olehNya dan disebarluaskan beritanya, sehingga orang-orang yang berpikir dapat menangkap berita besar ini dan berlomba-lomba untuk menghindari pembangkangan kepada-Nya. Di sini Allah menunjukan sikap bijak-Nya, bahwa siapa pun dipersilahkan untuk tidak percaya akan adanya hari pembalasan, sambil diperingatkan bahwa akan ada harga yang harus dibayar oleh orang yang mengambil keputusan untuk tidak mempercayai berita ini.

Dalam beberapa ayat al-Quran, Allah seakan memberikan kekuasaan kepada makhluk-Nya untuk taat atau kufur terhadap-Nya; meskipun tetap melakukan pujian bagi yang taat dan cercaan bagi yang kufur. Tapi disini Allah tetap memberikan pilihan dan kebebasan kepada manusia untuk memilih. Hal ini sejalan dengan ayat terkenal bahwa tidak ada pemaksaan dalam beragama ataupun pernyataan Allah bahwa tugas manusia hanyalah menyeru kepada kebenaran; perihal orang mau mengikuti seruan kita atau tidak itu hal lain. Kita hanya wajib berusaha, maka masalah hasil itu adalah hak Allah.

Dalam Q.S. Al-Muthaffifin ayat  1-17 dijelaskan bahwa Allah telah menyiapkan neraka jahim bagi orang-orang yang mendustakan risalah-Nya. Bahkan Allah menyatakan bahwa segala catatan pembangkangan mereka tercatat dalam “Sijjin” yang disimpan di level bumi paling rendah. Melalui ayat ini, Allah swt dengan implisit menyatakan bahwa Dia fair terhadap orang yang mendustakan risalah-Nya. Semua dicatat dengan rapih dalam buku tersebut untuk dimintakan pertanggungjawabannya di akhirat kelak.

Allah telah “mensosialisasikan” kebijakan-Nya tentang hari kebangkitan dan balasan bagi amalan yang kita telah perbuat di dunia. Selanjutnya, pilihan ada dalam benak kita. Mau kemana kita melabuhkan hidup ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s