Jalan Filantropi – Kandungan Q.S. Al-Balad

foto: maitreyavoice.com

foto: maitreyavoice.com

Ada beberapa jalan berliku yang hendaknya ditempuh oleh setiap Muslim. Salah satunya adalah berjuang dan bekerjasama untuk menghapuskan perbudakan di muka bumi. Saat ini masih banyak kelas pekerja yang harus bekerja banting tulang, siang dan malam, dan mereka dibayar dengan sangat minim, padahal bos mereka hidup dalam gelimangan harta yang tidak terbatas. Umat Islam harus bersatu padu untuk mempersempit nganga antara si kaya dan si miskin. Salah satunya adalah dengan memperjuangkan upah yang layak bagi para pekerja. Jangan sampai pemilik modal menari-nari di atas penderitaan pekerja murah mereka. Ini adalah bentuk perbudakan di zaman modern.

Memang jalan menuju ke arah sana sangatlah terjang, tapi kita harus terus mencobanya dan memperjuangkannya. Sampai cita-cita itu kita capai.

Inspirasi Ayat

albalad

Selain cara di atas, jalan filantropi juga hal yang mesti ditempuh oleh setiap Muslim. Seorang Muslim harus berada di dalam garda terdepan kita kelaparan melanda suatu daerah. Ini adalah petunjuk dan perintah Allah! Bukan untuk ego-egoan. Bukan untuk bangga-bangaan!

Sudahkah para pengusaha Muslim kita mengarah ke arah sana? Sudahkah saya, anda dan kita berada dalam garda terdapan jalan filantropi? Nampaknya, hal ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi umat Islam.

Mari kita instrospeksi sejanak. Adakah anak yatim di sekitar kita? Adakah faqir miskin yang hidup di sekeliling kita? Sudahkah kita saling mengulurkan tangan untuk melayani mereka? Jika kita merasa tenang dan kita belum bergerak untuk melayani mereka, maka saya khawatir identitas keislaman kita dipertanyakan kelak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s