horses

Dua Golongan Manusia – Kandungan Q.S. as-Syams

Why,_Arizona

Seperti yang telah dipaparkan dari tulisan sebelumnya, pada dasarnya ada dua jenis amalan manusia di dunia; kebaikan (ketaatan kepada Allah) dan keburukan (kemaksiatan kepada Allah). Maka dalam ayat ini Allah mengisyaratkan bahwa pada dasarnya dia telah memberikan ilham (dhamir, kesadaran) kepada setiap manusia untuk memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Masalahnya, apakah manusia itu mau menggunakannya untuk kemaslahatan atau kemadharatan.

Maka, atas dasar itu, manusiapun dapat dibagi menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah mereka yang mau menyucikan jiwanya dengan menjalankan kebaikan-kebaikan di dunia; memberikan hak Allah, bertakwa serta membenarkan kebenaran. Maka mereka dikategorikan sebagai orang yang beruntung. Allah telah menyiapkan jalan mudah menuju surga, baik itu surga dunia maupun akhirat.

Sebaliknya, golongan kedua, meskipun secara sadar mampu untuk memilah mana yang baik dan buruk, tapi karena keras kepala mereka, mereka memilih jalan keburukan; yaitu dengan mendustakan kebenaran, tidak mau memberikan hak Allah, dan merasa cukup akan diri sendiri, tidak merasa perlu akan pertolongan Allah. Maka Allah telah mencap mereka sebagai orang yang merugi, karena tidak mampu menggunakan anugerah ilham untuk kemaslahatan mereka. Allah pun telah memperingati mereka akan pedihnya siksa neraka. Dan Allah pun telah menyiapkan jalan kemudahan bagi mereka kepada neraka, baik itu neraka di dunia maupun akhirat.

Dalam konteks surat as-Syams, Allah memberikan contoh upaya sadar oleh salah satu ras manusia untuk memilih jalan kesesatan yaitu mereka Kaum Tsamud. Mereka tidak mau ikut risalah yang dibawa oleh Nabi Shaleh a.s. sehingga Allah menimpakan bangsa ini dan membinasakannya sekaligus.

Lalu termasuk ke golongan manakah kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s