Dua Amalan – Kandungan Q.S. Al A’la

kiamat1

Dalam perspektif agama, secara umum amal manusia terbagi menjadi dua; ketaatan dan kemaksiatan. Yang pertama merujuk pada segala kegiatan yang berada dalam koridor syariat Allah, sehingga berbuah keridhaan-Nya. Perihal amalan ini, Allah swt, dalam Q.S. Al A’la bersumpah untuk memberikan kemudahan (yusrun), dalam konteks ini surga, bagi manusia yang selalu berbuat ketaatan dalam hidupnya.

Sebaliknya, amalan kedua adalah hal yang memantik pengingkaran terhadap eksistensi-Nya dan perintah-Nya. Amalan ini berbentuk kemaksiatan yang konsisten. Manusia yang sering melakukan kemaksiatan lebih memilih hawa nafsunya ketimbang mengikuti titah-Nya yang termaktub dalam al-Quran dan sunnah. Bahkan, seiring dengan pesatnya ilmu pengetahuan, proses pengingkaran ini seringkali dibungkus dalam kedok ilmiah sehingga mampu menarik banyak pengikut. Menurut sebagian ulama ini hal ini merupakan bagian dari fitnah akhir zaman.

Balasan untuk orang yang selalu konsisten dalam kemaksiatan dan pengingkaran adalah disiapkannya kesusahan (‘usrun) dan kerumitan hidup. Para ahli tafsir menginterpretasikan makna kesusahan dengan neraka. Namun, menurut pendapat saya, bisa jadi hal ini menjadi biang bagi rusaknya tatanan moral yang terjadi di jagad raya. Bagaimana tidak? Dewasan ini, banyak orang yang merubah fitrah seksual yang seharusnya hetero menjadi homo. Ada juga yang coba melegalkan inscest, perkawinan antar keluarga. Dunia yang serba terbalik ini, menurut hemat saya adalah kesusahan yang Allah berikan kepada umat manusia yang sudah semakin jauh dari tatanan yang tersirat dalam kitab-Nya yang sebenarnya adalah hadiah terindah dari-Nya untuk umat manusia. Wallahu a’lam.

One thought on “Dua Amalan – Kandungan Q.S. Al A’la

  1. Pingback: Dua Golongan Manusia – Kandungan Q.S. as-Syams | Komunitas Al-Muhajirin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s