Dan Kehidupan Akhirat Lebih Baik dari Kehidupan Dunia – Kandungan Q.S. Ad-Dhuha

Hidup di dunia harus mengandung misi; menjadi agen yang menyebarkan syariat Allah di muka bumi. Apa pun profesi kita, di pundak kita ada kewajiban untuk mengemban misi ini sekemampuan kita, entah itu dalam bentuk harta, ide, waktu, bahkan nyawa. Dalam istilah orang tarbiyah, nahnu du’at qobla kulli syaiin; kita adalah pendakwah sebelum segala hal.

Tentunya, berdakwah tidak identik dengan menceramahi orang lain, meskipun hal itu tidak salah juga. Yang perlu kita dakwahi pertama kali, tentunya, diri kita. Dalam beberapa riwayat dikatakan bahwa jihad yang paling besar adalah menawan hawa nafsu diri kita. Untuk itu, sangat penting untuk mendakwahi diri sendiri, sambil mengajak orang lain pada kebaikan.

Insya Allah, apabila hidup ini kita dedikasikan untuk menyebarkan syariat-Nya, Allah akan senantiasa ada di sisi kita. Allah tidak akan meninggalkan diri kita, sebagaimana Dia bersumpah untuk tidak meninggalkan Nabi SAW dalam perjuangan dakwahnya.

Dalam Q.S. Ad-Dhuha, Allah bersumpah dengan waktu pagi dan malam, bahwa Dia tidak akan meninggalkan Nabi SAW dan marah kepadanya. Bahkan Allah menjanjikan berjuta kebaikan kepada Nabi SAW di akhirat kelak, karena Rasul SAW telah memilih kehidupan akhirat daripada kehidupan di dunia dengan mendarmabaktikan hidupnya untuk Allah SWT.

Kita juga yakin, ketika hidup kita kita dedikasikan untuk-Nya, yaitu dengan mengutamakan kehidupan akhirat di atas kehidupan dunia, maka Allah akan selalu bersama kita dan memberikan kita berjuta kebaikan yang kita diridhai dan idamkan di akhirat kelak. Amin.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s