Mukmin vs. Kafir – Kandungan Q.S. Al-Bayyinah

orang-kafir

keajaibanislam.wordpress.com

Quran Surat al-Bayyinah menjelaskan tentang perbedaan respon kaum kafir dan beriman dalam menyikapi ayat-ayat Allah dan jani-Nya untuk mereka di alam akhirat.

  1. Rasulullah saw adalah perwakilan dari Allah swt dalam menyampaikan risalah ketauhidan ke seluruh umat manusia, termasuk ahlul kitab (yahudi dan nasrani), musyrikin (penganut agama lain dari bangsa Arab dan non-Arab).
  2. Di sini kita tahu bahwa kedatangan Islam adalah sebagai penyempurna dari agama-agama sebelumnya, dan menasakh agama Yahudi dan Nasrani dan menggantinya dengan ajaran Islam yang dibawa Muhammad saw.
  3. Ketika risalah Allah sampai kepada kaum kafir, mereka terpecah-pecah. Ada yang menerima, namun banyak juga yang menolak. Allah swt menggambarkan bahwa sebenarnya yang menolak pun banyak yang percaya akan kebenaran yang dibawa Nabi Muhamamd saw, namun karena beberapa hal seperti faktor sosiologis, mereka menolak kata hati mereka.
  4. Agama yang lurus itu adalah; beribadah Allah dengan ikhlas, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat.
  5. Ayat ini juga menggambarkan nasib kaum kafir di akhirat; mereka akan tanggal di neraka jahannam dan tinggal di dalamnya. Allah juga mendeskripsikan mereka sebagai sejelek-jeleknya makhluk (karena tidak mau percaya Allah).
  6. Selain itu, kaum beriman yang mengerjakan amal shaleh mereka akan tinggal di surgaadn selamanya, yang mana mengalir di dalamnya sungai. Orang beriman adalah sebaik-baiknya makhluk karena mau percaya akan eksistensi Allah swt.
  7. Allah meridhai mereka, dan mereka ridha menyatakan Allah sebagai Tuhan mereka. Mereka juga sangat takut kepada Allah, dengan menjauhi larangan-Nya, dan mengerjakan perintah-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s