Bermegah-megahan yang Melalaikan – Kandungan QS. At-Takatsur

money-main_full

  1. Harta dan tahta seringkali melalaikan kita untuk taat menjalankan perintah Allah, bahkan sampai kita masuk liang lahat pun, kita tidak menyadarinya.
  2. Kalau saja kita tahu apa akibat dari terlena karena harta dan tahta terhadap taat kepada Allah, maka kita akan menjauhinya.
  3. Apa itu akibatnya? Neraka jahim, yang akan kita lihat dengan mata kita sendiri.
  4. Semua yang melenakan itu, akan ditanya kelak di hari pembalasan.
  5. Sekali lagi, hendaknya, surat ini tidak kita gunakan untuk menjustifikasi orang lain, tapi sebagai bahan renungan bagi kita untuk tidak terjerumus pada kehinaan ini.

Seringkali kita melihat, orang  mendapatkan kesempatan dari Allah untuk menikmati harta berlebih; kesehatan, waktu, keamanan, makanan, dan minuman justru terlena untuk taat kepada Allah swt. Kelebihan-kelebihan tersebut itu justru mereka gunakan untuk berbuat maksiat, yang tentunya akan membuat mereka semakin jauh kepada-Nya.

Mereka terus bermaksiat dengan nikmat yang Allah anugerahkan, sampai tidak sempat bertobat ketika ajal sudah berada di depan mata.

Ini adalah peringatan Allah swt bagi mereka; kalau saja mereka tahu apa akibat dari kelalaian ini, tentu tidak akan bermegah-megahan seperti itu. Bagaimana tidak? Konsekuensi dari bermegah-megahan yang melenakan ini adalah neraka jahim yang nyata akan terlihat dengan mata kepala mereka sendiri di hari pembalasan kelak. Semua yang mereka banggakan akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat.

Alangkah lebih baiknya apabila kata “mereka” di sini diganti dengan “saya” sehingga nasehat ini akan kita tujukan pertama kali pada diri “saya”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s