Empat Langkah Menuju Keberuntungan – Kandungan QS. Al-Ashr

beruntung

  1. Melalui al-Quran Allah swt telah memberikan panduan bagaimana supaya kita menjadi orang-orang beruntung.
  2. Secara umum, ada empat kriteria amal yang mana apabila kita kerjakan akan menjadi orang beruntung; a) beriman kepada Allah, b) melakukan pekerjaan shaleh, c) saling menasehati dalam kebenaran, d) saling menasehati dalam kesabaran.
  3. Ayat ini mengandung dimensi individual dan sosial. Dalam tataran individu, kita harus berusaha untuk menjadi orang yang beriman kepada Allah, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang diridhainya. Dalam tataran sosial, kita harus senantiasa menasehati orang lain dalam kebenaran dan kesabaran, baik melalui lisan, tulisan maupun perbuatan.
  4. Sebagaimana yang kita ketahui iman itu adalah meyakinkan dalam keyakinan bahwa Allah itu Tuhan kita, melafalkannya dengan lisan, dan melakukannya dengan perbuatan. Hendaknya seluruh perbuatan kita merefleksikan keimanan kita kepada Sang Maha Pencipta.
  5. Kita harus memastikan bahwa seluruh pekerjaan kita dikategorikan sebagai amal shaleh. Amal shaleh adalah amalan yang diridhai oleh Allah swt baik yang berkaitan denganNya, maupun dengan sesama manusia, baik itu yang zahir maupun yang batin, yang wajib maupun yang sunat.
  6. Selain itu, kita juga harus membuat forum atau media yang memungkinkan kita untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Tentunya, hal ini tidak terbatas pada ceramah konvensional saja, tapi scope sangat luas. Misalnya, melalui, buku, social media, majalah dan yang lainnya.
  7. Hal yang paling efektif dalam menasehati ke arah kebenaran dan kesabaran adalah melalui tindak tanduk kita yang mencerminkan kedua komponen di atas. Lisaanul haal afdholu min lisaanul qaul.
  8. Ketika kita gagal untuk melakukan kegiatan yang termasuk dalam empat kategori di atas, maka kita akan termasuk ke dalam orang yang merugi. Dalam konteks ini rugi di dunia dan akhirat; luput darinya ganjaran surga, dan berhak dengan siksaan neraka; atau rugi dalam bentuk-bentuk yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s