Dunia Penuh Kebencian

stabbing3

Saat ini kita hidup di dunia yang penuh dengan kebencian dan kecurigaan antar orang, antar kelompok, antar golongan, dll. Sumpah serapah, tuduhan tanpa dasar, cercaan tak terkontrol seakan menjadi media kita untuk menjustifikasi orang lain yang tidak sepaham dengan kita. Apalagi hal ini didukung dengan pesatnya media sosial yang memungkinkan seseorang untuk mencerca orang lain di ruang publik dengan mudah.

Coba saja anda lihat timeline facebook atau twitter anda, berapa banyak dapat kita temuakan ujaran kebencian terhadap orang lain, dari yang hanya sebatas sindiran sampai yang sarkas. Atau juga komentar-komentar dalam laman-laman berita portal, akan anda temukan komentator-komentator yang merasa paling benar.

bahkan saat ini kita temukan banyak laman website yang mengkhususkan diri untuk mencerca kelompok lain dengan dalih penyimpangan keagaaman. Tapi seringkali saya menemukan yang dituduh bukanlah esensi dari penyimpangan tersebut, akan tetapi penyebaran aib seseorang atau kelompok secara masif, seakan hal ini menjadi inti dari ajaran Islam.

Lalu apakah memang wajah Islam begitu garang, sehingga mereka rasa perlu untuk menyebar kebencian, menyibakkan aib seseorang atau kelompok yang tidak sepaham?

Saya kira tidak. Saya tidak melihat hal itu dalam pembacaan saya terhadap al-Quran.

Allah justru memberikan peringatan kepada orang-orang yang suka menyibakkan aib orang lain dan menyebarkannya, bahkan melebih-lebihkannya, seakan orang tersebut menikam dari belakang. Lumazah dan humazah adalah terminologi yang Allah gunakan untuk menamakan mereka.

Kalau memang kita menemukan aib seseorang, mengapa harus menyebarkannya? Apakah lebih baik untuk menasehatinya secara langsung supaya orang itu langsung berubah? Atau biarkan sajalah, toh, Insya Allah suatu saat nanti akan menyibakkan sendiri keburukan orang tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s