Pemanfaatan Anugerah Intelektual

singapore

Mekkah adalah daerah tandus, di mana tumbuhan sulit untuk tumbuh di sana. Maka, penduduknya akan sangat tergantung dari hasil impor makanan yang dipasok dari daerah lain.

Namun Allah Maha Adil. Dia menganugerahkan keterampilan berdagang pada masyarakat Makkah, sehingga mereka tidak tergantung pada sumber daya alam. Mereka bisa memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan melakukan perniagaan, yaitu ke negeri Yaman ketika musim panas, dan ke Negeri Syam ketika musim dingin.

Ini adalah pelajaran bahwa tidak penting seberapa melimpah sumber daya alam yang Allah anugerahkan pada tempat kita tinggal, tapi sejauh mana kita mampu untuk memaksimalkan anugerah intelektual dari-Nya. Lihat saja negeri Singapura. Negeri ini tidak memiliki cadangan minyak, tapi mampu menjadi negara pengekspor minyak berpengaruh di dunia. Atau saja Swis. Negeri ini sangat terkenal dengan kualitas coklatnya yang tinggi, padahal di negeri kita tidak bisa menemukan tanaman coklat.

Lebih jauh lagi, pelajaran ini bisa kita nisbatkan pada diri kita. Sejauh mana kita telah memaksimalkan anguerah yang Allah berikan, sehingga bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s