Kemungkinan Allah dalam Menghancurkan Suatu Kaum – Kandungan QS. Al-Fiil

abrahah

Sangat mudah bagi Allah untuk menghancurkan suatu kaum, apabila mereka bersepakat untuk menentang Allah, menghancurkan simbol-simbol kemuliaan-Nya, dan menghilangkan “jejak”Nya di muka bumi.

Al-Quran sudah banyak bercerita tentang kaum-kaum yang diluluh lantahkan oleh Allah karena penentangan konsisten mereka padaNya.

Saat ini pun, ketika kemunkaran dan penentangan terhadap agama Allah sudah merajalela di dunia, maka, tidaklah mustahil apabila suatu saat Allah menghancurkan beberapa kaum yang masuk dalam barisan penentangNya.

Lihatlah sejarah timbul dan tenggelamnya suatu kaum. Dulu bangsa Mesir sangat maju, sekarang peradabannya runtuh berkeping-keping. Lihatlah bangsa Yunani yang menjadi pusat ilmu pengetahuan, sekarang sisa-sisa peradabannya hanya terekam dalam bangunan-bangunan kunonya. Hal ini juga terjadi pada peradaban China, India, Persia, dan lain sebagainya. Allah memang memiliki kuasa untuk menghancurkan suatu kaum.

Tentunya, hal ini bersifat rasional, sesuai dengan sunatullah. Hal ini tidak sesederhana cerita burung ababil yang menghancurkan pasukan Gajah yang hendak menghancurkan Makkah. Bisa jadi hal itu berupa bencana alam dahsyat, resesi ekonomi, dan hal lainnya.

Maka, seperti yang tersurat dalam surat al-Fill, kemungkinan Allah menghancurkan suatu kaum karena penentangan mereka adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Tidak layaklah hal ini menjadi bahan olok-olokan sebagian Muslim liberal yang menganalogikan cerita ini sebagai dongeng dalam kitab suci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s