Berbuat Baiklah!

foto: notsalmon.com

foto: notsalmon.com

Sering tidak kita sadari bahwa sesungguhnya manfaat kebaikan yang kita lakukan akan kembali pada diri kita sendiri. Sebagaimana kita bekerja keras menanam padi di sawah, maka suatu saat kita akan mendapatkan hasil manis dari jerih payah kita. Begitu juga ketika kita sering berolahraga, maka kesehatan akan datang. Apabila kita bekerja keras, maka karir kita akan cemerlang. Begitupun apabila kita rajin belajar, niscaya cahaya ilmu akan menyinari hati kita. Seluruh kebaikan yang kita lakukan akan kita rasakan sendiri manfaatnya.

Ada anak miskin, yang saking miskinnya harus mengikuti lomba lari untuk mendapatkan sebuah sepatu butut untuk pergi sekolah. Bertahun-tahun dia hidup bekerja keras, meskipun hidupnya diliputi oleh ketidakpastian. Kini dia menjadi salah satu milyader di negeri ini yang memiliki jaringan perusahaan media hampir di setiap kabupaten!

Ada seorang ibu yang lemah lagi lumpuh. Tapi dia gigih menularkan ilmunya pada anak-anak didiknya di rumah. Walhasil dia mendapatkan penghargaan oleh salah satu teve swasta sebagai tokoh inspiratif. Bahkan presiden pun mencium tangan sebagai tanda hormat!

Allah Maha Adil, kawan!

Sebaliknya, kejelekan dan kemadharatan yang kita lakukan, pada hakikatnya, akan berimbas pada diri kita juga. Melakukan zina, misalnya, akan berakibat hinggapnya segala macam penyakit kelamin seperti HIV/AIDS. Mabuk-mabukan, akan menyebabkan kanker. Korupsi, menyebabkan keluarga hancur. Sungguh Allah maha adil. Dia akan memberikan kebaikan pada orang yang berbuat baik, dan kemadharatan pada orang yang berbuat madharat.

Suatu hari di satu pesantren ada santri yang melakukan perilaku asusila kepada temannya. Dia tidak bisa menahan hawa nafsunya untuk melakukan suatu kemaksiatan. Walhasil, ketika hal itu terekspose, maka karir di pesantrenya hancur. Dia dipulangkan dari pesantren dengan sangat tidak hormat!

Ada lagi anggota DPR yang sedang naik daun, bahkan menjadi menteri. Karena korupsi, maka seluruh karirnya hancur sampai akar-akarnya!

Lain lagi dengan kasus politikus yang berselingkuh dan berzina dengan perempuan bukan istrinya. Alhasil, rakyat ramai-ramai menghukumnya. Tamtlah karir politiknya!

Allah Maha Adil, kawan!

Maha Benar Allah, ketika Dia berfirman dalam surat al-Isra’ ayat 7 Allah berfirman:

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لأَنْفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

Dan surat Al-Jasiyah ayat 15:

مَّنْ عَمِلَ صَـلِحاً فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَآءَ فَعَلَيْهَا

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s