Keseimbangan Hidup

http://wp.me/aGG8B-u

Dunia penuh dengan warna. Ada si kaya, ada juga si miskin. Ada si rupawan, ada juga yang buruk rupa. Ada dermawan, tentu juga ada yang pelit. Ada laki-laki dengan kekhasannya, ada juga perempuan dengan kodratnya. Allah SWT sengaja membuat dunia ini plural agar manusia senantiasa bersyukur atas nikmatNya. Kemudian kita tahu bahwa hal ini apabila berjalan harmonis akan membentuk yang namanya keseimbangan hidup.

Bayangkan apabila di dunia ini hanya ada si kaya saja, mungkin kita tidak akan menemukan transaksi perdagangan, lha semua orang sudah kaya tak butuh uang lagi. Atau kita akan sulit menemukan buruh/karyawan yang mau menolong kita untuk berwirausaha karena semuanya sudah mapan, tidak perlu mencari sekeping receh dari hasil membantu orang lain. Atau apabila semua yang ada di dunia ini adalah laki-laki, maka tak akan lama lagi manusia akan di ambang kepunahan. Siapa yang akan melahirkan karena laki-laki tidak mendapatkan anugrah rahim dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Perbedaan adalah fitrah yang sengaja Allah ciptakan untuk membentuk equibilirium kehidupan. Kewajiban kita adalah menjaganya supaya tetap harmonis. Allah pun telah memberikan panduan bagi kita bagaimana menjaga keseimbangan ini dalam beberapa ayat al-Quranul karim. Dalam al-Quran surah An-Nahl ayat 71 dengan jelas Allah menerangkan bahwa Dia telah melebihkan rizki dari satu orang dengan yang lainnya dan yang dilebihkan rizkinya wajib untuk memberikan sebagian rizkinya itu kepada para hamba sahaya (baca: orang tertindas). Dia juga menjelaskan bahwa adalah suatu kekufuran apabila kita tidak mau memberikan sebagian harta kita pada orang lain yang membutuhkannya karena pada hakikatnya harta yang kita dapat adalah titipan dari Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s